12 Desember 2009

Jejak Wangi Setangkai Mawar ( Review Buku)






Perempuan, selalu menjadi hal yang paling menarik untuk dibahas. Disalah satu situs yang menulis tentang perempuan, dikatakan sejak awal kali diciptakannya manusia berjenis kelamin perempuan bernama Hawa. Kekuatan kosmis seakan menempatkannya sebagai sosok sentralistik di balik keunikan dan keeksotisannya. Mengeksplorasi dunia perempuan menjadi sesuatu yang menarik untuk dilakukan. Baik kalangan awam, yang lebih sering mengeksploitasi perempuan dari sisi sensualitas dan seksualitasnya, maupun dari kalangan praktisi yang memahami betul teori ilmiah dan humanity-nya perempuan. Mulai dari urusan dapur hingga politiknya perempuan, teritorialisasi peran public vs domestiknya perempuan, permasalahan kesehatan, keunikan karakter perempuan hingga masalah pilihan dan selera hidupnya kaum perempuan. Praktis, semua menjadikan kaum perempuan dengan konsep hidup paling kompleks ditinjau dari keluasan dimensi kemanusiannya.

Adalah Risa Amrikasari atau lebih dikenal Rose Heart, perempuan penulis yang saat ini tengah menyelesaikan program Magister Hukumnya disalah satu Universitas di Jakarta, kembali hadir dengan karya barunya, yang diberi judul : “Especially For You”  sebuah buku kumpulan artikel motivasi diri yang ditujukan khusus untuk perempuan.

Tidak kebanyakan buku-buku tentang perempuan lainnya, yang lebih banyak ribut soal “ gender” yang terkesan” pemberontakan” dan “ Pembangkangan “ kaum perempuan terhadap kaum Lelaki. Buku EFY ini mencoba menawarkan sesuatu yang “beda”. Merombak cara pikir perempuan dan pandangan-pandangan terhadap suatu pemikiran yang masih dianggap tabu yang kemudian dikupas dengan cara “ Smart” tanpa harus menanggalkan predikat sebagai “ Perempuan “

65 Artikel motivasi diri yang terangkum dalam buku setebal 352 halaman ini.  Seakan mengajak kita menelusuri Jejak-jejak hidup dan pemikiran seorang Rose Heart, sebagai seorang perempuan yang berbicara tentang kaumnya sendiri. Membeberkan kesalahan-kesalahan pemikiran yang dilakukan oleh kebanyakan orang. Semua dibahas dengan gamblang tanpa meninggalkan sekat sedikitpun. Sehingga di cover belakang buku EFY, Rose Heart telah menegaskan lebih awal, bahwa apa yang ditulis adalah berbagai kenyataan yang sering diabaikan atau mungkin dihindari oleh orang-orang karena takut menyinggung perasaan. Bahkan, ia sendiri mengerti dan menganggap wajar jika ada yang tersinggung setelah membaca tulisan di buku ini.

Salah satu yang menarik dalam buku ini. adalah cara penyampaian yang dilakukan oleh sang penulis. Dialog-dialog monolog dibeberapa artikelnya membuat tulisan ini begitu "hidup". Sehingga ketika kita membaca seakan kita tengah berdiskusi dengan penulis tersebut. Ditambah lagi, penulis menjadikan pengalaman hidupnya sebagai contoh kasus, sehingga apa yang dibahas dalam buku ini, terasa begitu nyata, karna merupakan fakta hidup yang memang sering kita abaikan, bahkan kita menganggap itu wajar. padahal tanpa kita sadari bahwa perlahan-lahan kita telah menanam bibit-bibit masalah yang kelak akan menjadi boomerang buat hidup kita.

Seperti contoh pada artikel, “ Walk With Me”  Rose Heart berbicara tentang sikap sebagian besar lelaki yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, dimana ketika laki-laki tersebut sedang berjalan dengan pasangannya. Dengan angkuhnya sang laki-laki tersebut berjalan di depan, sementara perempuannya mengikuti dari belakang. Kita bisa saja, menganggap hal ini adalah wajar, bahkan beberapa diantara perempuan bisa memahami ini sebagai pemakluman terhadap laki-laki yang memiliki naluri “ pemimpin”

Tapi apakah ini benar-benar suatu yang bisa kita diamkan..? kita maklumi saja..? dan mewajarkannya semua tindakan ini. Toh, tidak banyak berpengaruh dalam suatu hubungan. Benarkan..demikian…? kalau anda mengatakan benar, maka tidak untuk Rose Heart. Menurut penulis, bahwa suatu hubungan itu perlu dua orang untuk bekerja sama dan saling membantu, perlu ada kesadaran dari dua belah pihak untuk berbuat sesuatu untuk pasangannya. Seperti seorang laki-laki yang punya keinginan terhadap perempuan. Maka sebaliknya perempuan juga berhak memiliki hal yang sama terhadap laki-laki. Maka di akhir artikel ini, Rose Heart menyampaikan pesan pada perempuan yang mungkin mengalami hal yang sama .  Tell him, tell your man, to “ walk with me You,” because walking with you is not easy as he thought. It has a deep meaning, and if he can say that he loves you, just prove it by walking with you in every single things.

Tidak hanya berbicara tentang hubungan  manusia dan manusia itu sendiri dalam keseharian. Pemahaman-pemahaman yang sering kita jumpai, namun di”amin”kan begitu saja,  juga menjadi rangkaian tulisan yang menarik untuk mengajak pembacanya untuk terus mengikuti jejak-jejak pemikiran sang penulis yang sepertinya selalu meninggalkan jejak “wangi”  bagi pembacanya untuk selanjutnya dinikmati dalam bentuk perenungan hidup.

Artikel berjudul “ Obrolan Sebatang Rokok”  misalnya, yang membahas hubungan manusia dengan Tuhan. Adalah salah satu artikel yang juga sangat menarik, menarik bukan hanya dari segi pemilihan judul artikel tersebut. Namun, isinya yang terasa suprise, yang ternyata berbicara tentang bagaimana sikap dan hubungan manusia dengan Tuhan-nya. Walau penulis menyampaikan dengan bahasa yang sangat santai dan tidak membahas begitu dalam soal ini. Namun, satu jejak wangi  di akhir artikel ini, kembali mempertanyakan  akan hubungan kita terhadap sang Pencipta. Benarkah Manusia akan benar-benar mengingat Tuhan di saat-saat tertekan….? Apakah Tuhan selama ini hanya sebatas tempat untuk meminta pertolongan saja..? 

Especially For Your, memang terasa begitu special untuk pembacanya. Khususnya perempuan. Namun, sebagai buku motivasi diri, buku ini akan terasa sangat ganjal sekali jika hanya ditujukan untuk perempuan-perempuan. Karna laki-laki sepertinya lebih membutuhkan buku ini ;)


“ Remember the dignity of you WOMANHOOD. Do not appeal. Do not beg. Do not grovel. Take courge. Join Hands, stand beside me, fight with me! “ – Rose Heart.



Salam,

~M~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Vintage Dress For Wedding

Berangkali diantara para selancar yang kebetulan cari referensi Vintage Dress For Wedding-nya, mungkin beberapa gaun dibawah ini bisa jadi...