21 April 2013

:: Karena Kita Hanya Manusia Biasa ::

“I have feelings too. I am still human. All I want is to be loved, for myself and for my talent. ” ―Marilyn Monroe

Salah satu fakta yang berangkali lumayan tidak masuk akal tentang saya, adalah kalau kenyataannya saya itu fans berat Marilyn Monroe, dari style sampe quotes-quotesnya yang smart dibalik image 'nakal'nya. Banyak teman-teman yang tidak menyangka kalau saya ini amat mengagumi perempuan seksi ini. Tapi sekali lagi, inilah kenyataannya saya termsuk garis keras fans berat si pemilik bibir sexy ini :)

Mengenali perempuan ini sejak usia 7 tahun, poster besar bergambar dirinya yang hampir menutupi daun pintu kamar Alm. Kakak saya, menjadi salah satu persinggahan yang menyenangkan bagi saya di dalam rumah. Saya suka meniru gaya centilnya saat itu. Jika berdiri di depan pintu kamar kakak saya. Pasti saya akan meniru gaya dia, hihihihi

Menginjak dewasa, dan setelah ditinggal pergi oleh Alm. Kakak, saya mulai menyelusuri tentang jejak-jejak Marlyn Monroe, membuka biodatanya, mengenali sosoknya. Dan semakin jatuh cinta pada sosoknya. Lepas dari segala 'image buruk' tentang dia.

Bagi saya, Marilyn Monroe selalu menyentil kita dari sisi manusia. Bahwa setiap kesalahan yang kita lakukan, kebodohan-kebodohan yang terjadi dalam hidup ini, adalah sesuatu yang wajar, karena kita adalah manusia. Beberapa quotesnya mencoba mengingatkan diri kita, bahwa kita ini seorang manusia. Kenapa harus disusah payahkan dengan 'kesempurnaan' yang hanya dimiliki oleh Malaikat...? hiduplah dengan ukuran manusia, dan jika sedang terpuruk, terpuruklah dengan cara manusiawi. Sesederhana itu sebenarnya apa yang ingin disampaikan oleh Marlyn Monroe dengan taburan quotes-quotesnya yang berkesan centil tapi smart dan begitu sangat manusiawi :)

“When you're young and healthy you can plan on Monday to commit suicide, and by Wednesday you're laughing again.”

―Marilyn Monroe, My Story

“I want to grow old without facelifts... I want to have the courage to be loyal to the face I've made. Sometimes I think it would be easier to avoid old age, to die young, but then you'd never complete your life, would you? You'd never wholly know you.”

―Marilyn Monroe

“I am not a victim of emotional conflicts. I am human.” ―Marilyn Monroe, Marilyn: Her Life in Her Own Words

Beberapa quotesnya mungkin terdengar klise banget, tapi meski demikian Marliyn Monroe mencoba meramunya dengan cara sendirinya, memberi magnet didalam quotesnya. membuat kita sekali lagi betapa manusianya kita sebagai manusia ini :

“ Just because you fail once, it doesn't mean you're going to fail at everything. keep trying, hold on, and always, always, always believe in yourself because if you don't, then who will? so keep your head high, keep your chin up, and most importantly, keep smiling because life's a beautiful thing and there's so much to smile about.”

―Marilyn Monroe, Marilyn: Her Life in Her Own Words

Sebagai perempuan modern dimasanya, Marilyn Monroe juga tidak pernah berkoar tentang persamaan gender, baginya perempuan itu memiliki keistimewaannya sendiri yang tidak dimiliki oleh laki-laki. Pun sebaliknya. Di mata Marilyn Monroe, perempuan dan laki-laki semuanya adalah manusia-manusia dengan kepentingan masing-masing. Ia tidak pernah menyalahkan kaum laki-laki sebagai salah satu sumber penderitaan perempuan di muka bumi. Dia lebih melihat ke dalam dirinya, ketika ia menemukan hal yang keliru yang tidak menyenangkan.

“I'm a failure as a woman. My men expect so much of me, because of the image they've made of me—and that I've made of myself—as a sex symbol. They expect bells to ring and whistles to whistle, but my anatomy is the same as any other woman's and I can't live up to it”

Belajar yang paling baik, adalah belajar dari sendiri memang, mengenali diri lewat intropeksi terhadap kejadian-kejadian yang kita alami, dan kembali menyadari betapa kita hanya seorang manusia. Tapi tak ada yang salah menjadi Manusia di muka bumi. Yang salah adalah berangkali keinginan kita yang ingin hidup lebih dari sekedar manusia. Menjadi 'bukan manusia biasa' sah-sah saja. Tapi tidak serta membuat kita terobsesi pada 'kesempurnaan semu'

Jalani hidup yang lebih manusiawi, berkompromi dengan semua kegagalan. Dan kembali bangun ketika jatuh dan sesekali mengingatkan diri bahwa kita hanyalah manusia dengan segala kodratnya. Sehingga ngga terlalu mumet jika ditimpa masalah. Berangkali inilah yang coba diingatkan oleh Marilyn monroe dalam semua quotes-quotesnya.

Yeah, terkadang kita sebagai manusia, lupa kalau kita ini hanya manusia.....

btw, selamat hari Kartini. saya yakin, Kartini tidak menyangka akan begini manusia-manusia di negeri ini memperingati hari jadinya :) 3

saya belum memahami sepenuhnya kodrat perjuangan Kartini. Apakah hanya sekedar gembar-gembor tentang emansipasi..? dan persamaan gender....? kalau hanya ini, rasanya saya belum cukup kuat untuk mengagumi seorang Kartini melebih rasa kagum saya pada Marilyn Monroe..

*dibantaimassadgnkebayakartini*

5 komentar:

  1. special for this post, i'm gonna play my guitar on "Candle in The Wind" *nyanyi fles*

    Quote yg gw inget dari Marily kalo ga salah "a secret make a woman, woman" *iya ga sih, lupa*

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.youtube.com/watch?v=h9JcBi8qIic <----- Yang ini, Beh?? hehehe..

      Hapus
    2. @Tebeh : Hahaha, one of my fav song tuh...

      @Mba Nina : Iya, itu lagunya... :D

      Hapus
  2. Ooooww.. Marilyn Monroe, alias Norma Jean, itu perempuan luar biasa. Di balik sex appeal-nya yang tinggi, dia sangat cerdas dan kharismatik. Not to mention, superramah. Sama siapa aja, dia bergaul. Sayang, dia ngga bisa lepas dari depresi. Jadi kesannya dia "drama queen" banget. Padahal dia cuma pengen dilihat sebagai manusia, bukan sebagai superstar, bukan sebagai Marilyn Monroe, bukan sebagai sex bomb.

    Dia ini salah satu kisah tragis manusia cantik yang punya takdir ngga cantik. :(

    BalasHapus

Vintage Dress For Wedding

Berangkali diantara para selancar yang kebetulan cari referensi Vintage Dress For Wedding-nya, mungkin beberapa gaun dibawah ini bisa jadi...