12 Desember 2009

:: Cuap-Cuap Secangkir Kopi :: - Secangkir Artikel-


Hoaaammmm..............;)

Ngantuk, satu cangkir kopi segera kuseduh. Ini cangkir ke dua hari ini. Tak ada hitungan pasti berapa cangkir dalam sehari aku meminum kopi. Yang jelas, kopi menduduki tempat tertinggi sebagai minuman yang paling dahsyat sepanjang masa perminumanku di dunia minum meminum. ( Iki..bohoso apa seh..?? hehehhe..) 


Well, tak banyak yang tahu, Kopi ternyata memiliki sejarah panjang, sampai akhirnya berada di dalam cangkir dan siap kita minum.  Mungkin kita tak perna menduga, kalau Kopi dibeberapa negara sempat di HARAMKAN..

Inilah salah satu fakta menarik dari sebiji kopi. Yang masih kurang diketahui oleh beberapa penikmat kopi. Termasuk yang lagi ngetik notes ini sambil sesekali menenguk kopinya. Hehehehe..

Di Italia. Konon katanya kopi sempat di haramkan. Alasannya saat itu, menurut pemuka-pemuka agama di Italia. Bahwa kopi itu adalah minuman-minuman Sultan Muslim yang dipersediakan untuk mengganti keberadaan Bir,  minuman yang dianggap haram oleh kalangan muslim.  Hmmm....masa iya sih segitunya sih..???

Tapi ternyata, bukan hanya di Italia Kopi sempat diharamkan.  Kerajaan Usmaniyah di tahun 1656, sempat mengeluarkan larangan untuk membuka kedai-kedai kopi. Bukan hanya melarang kopi, tetapi menghukum orang-orang yang minum kopi dengan hukuman cambuk pada pelanggaran pertama. Busyeettt....habis minum kopi langsung di cambuk...??? gimana rasanya yah..??hahahaha....

Bukan hanya sampai di sini sejarah panjang soal kopi. Swedia sendiri, juga punya sejarah yang terkenal tentang Kopi. Dulu ceritanya nih yah, Raja Gustof II sempat menghukum dua orang saudara kembar yang melakukan tindakan kejahatan. Tapi saudara kembar ini, tidak ada yang mau mengaku siapa sebenarnya yang melakukan kejahatan tersebut. Akhirnya si Raja Gustof ini menghukum ke duanya.  Tapi bukan hukuman cambuk, seperti yang terjadi pada Kerajaan Usmaniyah. Raja Gustof justru menghukum ke dua saudara kembar ini dengan cara yang unik. Yang satu hanya diperkenankan meminum Kopi sepanjang hidupnya. Dan yang satunya lagi, hanya boleh meminum Teh. Nah, siapa diantara mereka yang duluan meninggal, Maka dia lah yang dianggap sebagai pelaku kejahatan tersebut. Dan akhirnya, si teh lah yang meninggal dunia terlebih dahulu. Dan sejak saat itulah, Masyarakat Swedia sangat tergila-gila akan minuman kopi. Bahkan terkenal paling fanatik di dunia. Bayangkan saja, menurut sebuah survei, setiap orang warga bisa menghabiskan 12 Kg Kopi dalam setahun hanya untuk dirinya sendiri. Ck..ck..ck....bisa dagang kopi nih ke sana. Hahahahaha...








Lalu bagaimana dengan sejarah kopi di Indonesia..? Indonesia juga ternyata punya cerita yang membanggakan soal kopi. Sebelum tahun 1880-an,  Indonesia merupakan pengekspor kopi terbesar dan terbaik di Dunia. Dan pada masa jaya  itu, industri kopi di Jawa pernah berpameran di AS untuk memperkenalkan kopi, sehingga publik AS mulai mengenal kopi dan menjuluki minuman itu dengan nama Java. ( Wetz...jadi bule-bule Amrik itu kenal kopi dari orang-orang Indonesia lho..., wah Obama mesti mengucapkan terimakasih nih pada Indonesia, tiap kali  ia minum kopi. hahahhaa...)

Namun sayang,  kejadian wabah hama karat daun yang memusnahkan kopi arabika yang ditanam di bawah ketinggian 1 km di atas permukaan laut itu,  akhirnya mengakhir masa kejayaan kerajaan kopi di Indonesia. Sehingga Brasil dan Kolombia akhirnya mengambil alih peran  sebagai eksportir kopi arabika terbesar, sampai kini.

Sebenarnya masih banyak cerita-cerita unik seputaran kopi ini. Tapi sepertinya kopiku sudah habis nih, mau buat dulu, lain waktu, lain kopi, lain cangkir, kita sambung lagi soal cuap-cuap kopi ini yah...;)


~M~




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Vintage Dress For Wedding

Berangkali diantara para selancar yang kebetulan cari referensi Vintage Dress For Wedding-nya, mungkin beberapa gaun dibawah ini bisa jadi...